Pantai Manalusu, Keindahan Yang Terbengkalai

0
1829

Garut adalah sebuah kabupaten kecil namun memiliki sejuta keindahan yang tersembunyi disetiap tempat wisatanya. Mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam, salah satu sudut kota garut yang kali ini akan kita bahas yakni Garut daerah selatan. Ya dikawasan ini mungkin identik dengan pantainya yang begitu indah, seperti pantai santolosayang heulangrancabuayacijeruk, dan pantai lainya yang berada dikawasan ini. Nah ada satu pantai yang cukup menarik dan sepertinya belum terekspose sepenuhnya, yaitu Pantai Manulusu.

Sekilas

Pantai Manalusu 2

Pantai Taman Manasulus ialah sebuah pantai yang terletak berada di kecamatan Cikelet, Garut, Jawa Barat atau sekitar 93 km dari pusat kota Garut. Untuk menuju ke tempat ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor, ataupun mobil, karena angkutan umum agak susah. Selain itu jalur yang harus dilewati cukup menantang, banyak, tikungan tajam, tanjakan, hingga turunan. Namun jika sudah sampai disini, semua kelelahan selama perjalanan akan hilang, karena pemandangannya yang amazing, dan view yang keren, ditambah semeliwir angin laut yang berhembus, membuat semua rasa capek hilang.

Daya Tarik

Pantai ini memang memukau mata kita, hamparan pasir putih yang membentang, dipadu jajaran batu karang, selain itu suasana yang cukup sepi semakin menambah ke elokan pantai ini. Dibeberapa sudut pantai terdapat perahu nelayan yang sedang bersandar. Di pinggiran pantai juga terdapat warung yang menjual mata lemu yang wajib kita cicipi. Tidak hanya keindahan pantainya saja yang dapat kita nikmati, namun disini juga terdapat taman laut yang sungguh keindahanya tidak bisa diungkapkan dengan kata – kata, jika boleh dibandingkan, taman laut bunaken sepertinya kalah. Banyak ikan laut hias yang mempesona juga terumbu karang yang menawan semakin menambah keistimewaan pantai ini. Untuk masuk ke pantai ini kita tidak perlu merogoh saku, karena untuk masuk kesini gratis.

Tiket Masuk

Pengunjung akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 3.000 – Rp 5.000-, tergantung jenis kendaraan. Biaya tersebut sudah termasuk biaya penjagaan kendaraan dan dilakukan oleh warga sekitar.

Disclaimer: Harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa adanya pemberitahuan.

Lokasi

Pantai Taman Manalusu Pameungpeuk Garut dapat ditempuh selama 2,5 jam dari pusat kota Garut dengan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua. Dari jalan raya hanya sekitar 50 meter, Anda sudah bisa sampai di lokasi. Silahkan untuk berkunjung ke tempat ini. Saya yakin Anda akan merasa puas bisa berlibur di salah satu pantai yang masih alami.

Pantai ini sebenarnya pernah dikelola oleh pemerintah setempat, ini terlihat dari sisa – sisa bangunan yang terbengkalai. Namun entah karena alasan tertentu pantai ini menjadi terlantar. Padahal pantai ini memiliki potensi yang cukup tinggi untuk menjadi menjadi primadona destinasi wisata pantai  Garut Selatan. Tim Digarut.com berharap semoga pihak – pihak terkait atau pemerintah setempat dapat melihat hal ini, sehingga dapat dikelola lebih baik. Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan dan ingat inilah Kota Garut kota selain menjadi kota penghasil dodol juga memiliki jutaan keindahan yang tersembunyi.

Bantuan & Informasi Booking Penginapan, Hotel dan Paket Wisata Garut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here