Curug Nyogong

0
658

Lembah yang hijau, hutan yang rimbun serta pegunungan tinggi yang mengelilingi Garut membuat Garut terlihat seperti kuali raksasa. Oleh karena kekayaan Alamnya yang melimpah ruah, kota berjuluk Swiss Van Java ini memiliki panorama yang indah. Banyaknya dataran tinggi membuat Garut memiliki banyak curug yang terkenal sebagai tempat wisata. Seperti Curug Nyogong yang berada di Cihurip ini, sebuah curug eksotis yang tersembunyi di daerah Garut Selatan. Baiklah bertemu lagi dengan saya Gungun Gunwan, kali ini saya akan membahas tentang Curug Nyogong.

Sekilas

curug nyogong
curug nyogong

Curug Nyogong adalah curug lainnya selain Curug Cibadak yang memiliki potensi wisata air terjun andalan yang berada di Kecamatan Cihurip yang saat ini juga tingkat kunjungannya masih rendah. Curug Nyogong adalah air terjun yang memiliki arti menikung yang menggambarkan aliran jatuhan air terjun yang memang sedikit berbelok dari aliran utama di atasnya, yaitu Curug Cialeuan.

Daya Tarik

Curug Nyogong memiliki aliran air yang cukup jernaih. Udara disekitar curug sejuk serta kondisi lingkungan masih sangat alami. Jika dilihat dari kejauhan Air terjun ini terlihat seperti membelah bukit. Suasana khas pegunungan yang alami disertai air yang menyejukan membuat Curug ini memikat banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Curug Nyogong sendiri adalah curug yang relatif rendah, namun cukup lebar, dengan debit air yang sangat besar.

Aktivitas Fasilitas

Curug Nyogong masih belum dikelola secara baik, sehingga tentu saja fasilitas disini juga masih sangat terbatas. Hanya ada beberapa warung kecil yang bukanya juga di akhir pekan dan hari libur saja. Selain itu kases jalan kecurug ini juga tidak begitu baik.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan disini adalah mandi dan bermain air disekitar curug. Selain itu curug ini juga bisa dijadikan sfot foto untuk berselfie. Bersantai dan menikmati indahnya Curug Nyogong bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Lokasi

Alamat: Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44173

Akses jalan menuju Curug Nyogong ini cukup sulit. Jalannya rusak sehingga sulit untuk dilalui oleh karena itu Anda perlu hati-hati. Selain itu untuk bisa sampai di lokasi curug Anda juga harus treking melewati hutan yang masih rapat dengan mengikuti jalan setapak yang jalannya sedikit jika di musim hujan.

Tips

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Curug Nyogong adalah pada muim kemarau. Bawalah perbekalan makanan dari rumah. Persiapkan segala sesuatunya dengan matang. Bila perlu sewalah jasa Guide untuk mengantar Anda agar tidak tersesat dijalan.

Jika Anda berwisata ke Curug Cibadak maka jangan lupa untuk sekalian singgah di Curug Nyogong ini. Jika sudah kesini, Anda baru akan percaya bahwa Garut memang diselimuti oleh keindahan-keindahan alam yang tersembunyi dan mempesona. Itulah ulasan saya tentang Curug Nyogong ini. Ingat jangan lupa untuk membawa pakaian ganti dan jadilah wisatawan yang ramah lingkungan. Salam Traveller.

Bantuan & Informasi Booking Penginapan, Hotel dan Paket Wisata Garut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here