Objek Wisata Kawah Kamojang

0
3128

Garut, hmm kota kecil ini terkenal dengan makanan khasnya yaitu dodol garut, tetapi selain makanan khasnya kota ini ternyata memiliki banyak tempat wisata yang sangat exsotis salah satunya Objek Wisata Kawah Kamojang. Kawah kamojang merupakan salah satu objek Wisata Garut yang cukup terkenal selain Gunung Papandayan dan Curug Orok. Kawah ini terletak di daerah Samarang, garut, jawa barat yang berada di ketinggian 1.730 M DPL, dan suhu di kawah kamojang bisa di bilang cukup extream jadi saya sarankan untuk membawa jaket tebal. Kawah ini adalah salah satu kawah gunung berapi yang masih aktif di kota garut, karena uap yang dihasilkan dari kawah kawah disini berasal dari perut bumi.

Sekilas

Kawah ini dikelola oleh PLTU Kamojang, Pertamina dan Indonesia Power sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) dan ini menjadi kawah pertama yang energy buminya dimanfaatkan. PLTP ini pertama kali di bangun pada masa penjajahan belanda sekitar tahun 1926, dan diresmikan oleh presiden soeharto pada tahun 1983. Menurut kuncen atau penjaga kawah ini uap yang dihasilkan sangat baik untuk kesehatan kulit, dan bau uapnya bisa untuk melancarkan peredaran darah dan pernafasan. Tak sedikit dari para wisatawan yang datang untuk bermandi sauna atau sekedar menenangkan fikiran. Ada satu yang sepertinya menarik untuk anda lihat yaitu saat kuncen membawa sebuah telur mentah lalu dimasukan kedalam air uap dan sekitar 10 menit sang kuncen mengambil telur tersebut telur tersebut sudah berubah matang, dan layak dimakan. Tenyata ini dikarenakan air yang dihasilkan bersuhu sekitar ± 100 deratat celcius.

Luas Kawasan

Luas kawasan ini sekitar 10 Hektar tetapi tidak sepenuhnya dapat kita jelajahi, karena hanya 8 hektar yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung dan sisanya sedang dalam tahap perombakan. Disini terdapat 23 kawah 2 diantaranya berbentuk seperti danau uap. Kawah kamojang ini berupa saluran seperti gua dimana uap panas bumi yang keluar melalui lorong gua tersebut. Jika anda melihat dari atas mungkin anda mengira ada seseorang yang sedang membakar sesuatu di dalam gua tersebut, tapi sebenarnya itu uap panas bumi, dan inilah yang menjadi keistimewaan kawah kamojang.

Kawah Manuk, Kawah Kereta, dan Kawah Hujan

Selain kawah kamojang di kawasan ini juga masih terdapat kawah kawah yang cukup menarik perhatian saya. Diataranya ada Kawah Manuk, kawah kereta, dan kawah hujan. Kawah Manuk atau dalam bahasa indonesianya kawah burung, mungkin sedikit aneh ya di telinga kita, tapi nama ini sesuai dengan apa yang terjadi di kawah tersebut, yaitu karena bunyi yang dihasilkan oleh gua yang ada disana berbunyi menyerupai suara burung, begitu juga dengan kawah kereta karena suaranya mirip suara kereta api yang berjalan atau lebih mirip ke suara pesawat jet. Nah untuk kawah hujan ini sedikit berbeda tapi kawah ini digunakan sebagai tempat mandi sauna bagi wisatawan. Menurut kepercayaan warga sekitar mandi sauna dikawah hujan ini dapat mencegah segala macam penyakit seperti jantung, stroke, influenza, dll. Untuk suhu di kawah ini dapat di atur tingkat kepanasannya sesuai dengan kehendak para wisatawan.

Curug dan Danau Ciharus

Selain kawah yang tadi saya sebutkan disini juga ada sebuah air terjun yang sayang untuk dilewatkan. Namanya adalah Curug Madi dan sebuah danau yang bernama Danau Ciharus yang berada di tengah hutan belantara,namun sayangnya berhubung waktu sudah terlalu sore,saya tidak sempat berkunjung ke danau Ciharus. Selain itu disana terdapat juga Bumi Perkemahan Kamojang, jadi bagi anda yang suka berkemah, tempat ini bisa jadi alternative yang patut dicoba ada outbondnya juga loh wah pokoknya sayang untuk anda lewatkan. Nah untuk menuju ke kawasan ini kita bisa melewati beberapa jalur, tapi saya sarankan untuk mengambil jalur garut saja, karena selain jalannya yang mudah dilewati semua jenis kendaraan, jalan yang sudah mulus ditambah panorama pesawahan yang indah. Sekian informasi dari saya semoga dapat membantu anda semua untuk menjadi alternative liburan anda.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di lokasi cukup lengkap. Mungkin karena ada di area pengelolaan pertamina, jadi banyak mendapatkan bantuan. Suasananya juga rapi, dan bersih.

  • Warung ada beberapa dan cukup lengkap.
  • Tempat parkir luas.
  • Toilet di parkiran dan di dekat kawah hujan
  • Tempat sampah lumayan banyak
  • Banyak gazebo dan tempat duduk
  • Kamar buat mandi air panas, murah cuma Rp 4000 sepuasnya. Tapi minim fasilitas.

Tiket Masuk

Tiket untuk dua ornag dan 1 motor Rp 19.000 saja. Parkir didalam Rp 2000, dan kalau mau berendam di kamar yang tersedia bayar Rp 4000.

Lokasi

Terletak tepat didalam area geothermal PLTU kamojang Garut. Berada di perbatasan dengan kecamatan Ibun, kabupaten Bandung.

Bantuan & Informasi Booking Penginapan, Hotel dan Paket Wisata Garut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here