Curug Dengdeng Cisompet

0
442

Curug Dengdeng merupakan merupakan sebuah destinasi tersembunyi dengan kategori air terjun alami dengan ketinggian kurang lebih sekitar 8 meter dan terletak di Desa Margamulya, Kecamatan, Cisompet, Garut Jawa Barat. Waterfall yang menjadi kebanggaan masyarakat sekitar inipun belum dibuka dan dikelola scara resmi baik oleh pemerintah atau warga sekitar.

Curug Dengdeng

Kondisi

kondisi disekitar curug bersih dari sampah mengingat sepanjang aliran sungai jarang ditemukan pemukiman dan bisa jadi warga disekitar sadar akan lingkungan untuk tidak membuang sampai di sungai sehingga menjadikan curug ini terlitah bersih walau pada kenyataanya belum ada pengelolaan resmi untuk di buka sebagai objek wisata. Pemandangan di sekitar curug adalah kombinasi antara hutan alami dan pesawahan sehingga suasana alam yang sejuk dengan nuansa desa akan Anda dapatkan disini

area sekitar curug dengdeng
Area sekitar curug dengdeng

Baca juga: Curug Ceret, Margamulya Cisompet

Karakter

Walau ketinggiannya medium, akan tetapi aliran air yang mengalir di Curug ini cukup deras dan bahkan bisa sangat deras apabila debit air dari hulu sungai meningkat terutama musim hujan. Warna air yang jernih alami di tambah lagi dengan hiasan batu alami dengan warna ke kuning-kuningan disampai Curug bisa membuat pengunjung takjub akan keindahan alam yang mempesona ini. Curug Dengdeng Memiliki cekungan atau dalam istilah bahasa Sunda (Leuwi) yang cukup dalam.

Bebatuan Curug Dengdeng

Rute & Akses

Dari Garut Kota menuju Cisompet desa Neglasari menggunakan jalur Pameungpeuk – Garut kurang lebih sekitar 2 jam menggunakan kendaraan. Dari desa Neglasari menuju desa Margamulya, kampung Harendong sekitar 2 jam menggunakan kendaraan melalui track perkebunan teh yang kondisi jalannya sangat memprihatinkan. Bebatuan terjal dan licinnya tanah merah akan menghiasi perjalanan hingga tiba di desa Margamulya.

Perkebunan teh neglasari

Jika menggunakan kendaraan sendiri terutama mobil, sebaiknya jangan lakukan ini apabila mobil tersebut bukan 4×4 atau setelan offroad juga apabila driver belum terbiasa dengan track offroad karena hal ini cukup beresiko baik untuk driver dan penumpang juga mobil yang digunakan

Video Vlog Curug Dengdeng

Informasi Tambahan

Semua kendaraan tidak bisa langsung sampai di are Curug. Dari tempat parkir kendaraan, pengunjung harus berjalan kaki menysuri jalanan kecil track pesawahan dengan jarak tempuh kurang lebih sekitar 800 meter. Satu hal lagi yang harus pengunjung ingat adalah di daerah jaringan seluler cukup sulit bahkan nyaris tidak ada, namun ada beberapa tempat tertentu yang terjangkau meskipun jaringannya kurang maksimal.

Bantuan & Informasi Booking Penginapan, Hotel dan Paket Wisata Garut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here