Karacak Valley

0
480

Suasana alam pegunungan, udara yang sejuk, semilir angin sepoy-sepoy diantara pohon pinus menjadi suplemen alam terbaik yang saya dapatkan ketika mengunjungi Karacak Valley. Liburan ke alam itu memang seru dan menyenangkan. Sedikit menghindar dari jenuhnya aktivitas sehari-hari bisa Anda lakukan dengan mengunjungi onjek wisata yang satu ini. Disini Anda dapat melihat dengan jelas landscap kota garut dengan jelas dari ketiggian. Dan jika cuaca cerah Anda juga dapat melihat sunset detik-detik terbenamnya matahari, layung bereum di langit Garut yang indah. Selain itu jika Anda kemping disini Anda juga akan melihat pemandangan kota Garut yang indah pada malam hari. Nah berkaitan dengan itu Kali ini saya akan berbagi informasi tentang Karacak Valley lengkap dengan tiket masuk serta fasilitasnya.

Sekilas

Karacak Valley ialah sebuah tempat wisata alam berupa gunung dan perbukitan yang berada di sekitar kawasan Gunung Karacak. Sebuah objek wisata alam dengan pemandangan yang indah. Karacak Valley ini masuk ke dalam kawasan Perhutani kemudian dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Jayamandiri yang sekarang dijadikan sebagai objek wisata alam. Karacak Valley memiliki kawasan yang cukup luas yang banyak di tumbuhi pohon pinus. Pohon pinus inilah yang membuat Karacak Valley semakin Indah.

Daya Tarik

Karacak Valley mempunyai daya tarik yang memikat minat para wisatawan untuk berkunjung. Selain udara yang Karacak Valley adalah tempat yang bagus untuk melihat matahari terbenam. Karena kawasan Karacak Valley adalah perbukitan maka Anda bisa melihat Sunset yang indah dari Karacak Valley ini. Selain itu Karacak Valley juga dapat dijadikan tempat liburan bersama keluarga. Menjelajahi hutan pinus juga merupakan hal menarik yang dapat Anda lakukan disini.

Untuk Anda yang memiliki hobi bersepeda, Anda juga bisa melakukan hobi Anda dan memberikan tantangan fisik kepada diri Anda sendiri. Oh ya, perlu Anda ketahui juga Karacak Valley ini selain banyak dikunjungi wisata umum, juga banyak dikunjungi oleh para pendaki gunung dan para pesepeda. Ada treck downhill yang bisa Anda coba disini.

Spot Foto

Anda bisa berburu foto di sini ada beberapa spot foto menarik. Disini Anda juga bisa menyaksikan indahnya sunset dengan jelas yang terbenam di balik pegunungan Gunung Papandayan dan Gunung Guntur.


Camping

Terdapat are camping yang dapat menampung hingga 1.000 di Karacak Valley. Area Camping Ground ini dapat Anda gunakan sebagai tempat camping alternativ di garut jika tempat camping seperti Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray penuh.

Hammocking

Banyaknya hutan pinus di Karacak Valley memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Setelah lelah berjalan-jalan mengexplore seluruh kawasan Karacak Valley anda bisa beristirahat dan bersantai dengan Hammocking ini

Treking

Ada banyak jalur treking dikawasan Karacak Valley anda bisa hiking menjelajahi hutan pinus dengan semua misteri didalamnya. Mengenali hal-hal baru di hutan yang tidak dapat anda temukan di tempat tinggal Anda.

Curug Ngebul

Curug Ngebul di Karacak Valley adalah salah satu daya tarik utama. Para pengunjung banyak yang penasaran dengan curug yang satu ini. Jika Anda menyempatkan diri melihat Curug Ngebul ini jangan lupa untuk membawa serta anak Anda. Anda bisa merasakan segaranya curug dengan bermain airi disekitar Curug Cibadak ini. Untuk dapat sampai ke Curug ini Anda memrlukan tenaga tambahan karena Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh dengan berjalan dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Fasilitas

Ada beberpa fasilitas yang terdapat di Karacak Valley yang bisa digunakan untuk para pengunjung, seperti Tolet, Mhusola, Kantin/Warung Makanan, Tempat parkir, dan yang lainnya. Berikut beberpa tempat menarik yang bisa Anda lakukan di Karacak Valley.

Mushola

Untuk anda yang beragam muslim tidak usah khawatir karena di Karacak Valley sudah ada fasilitas mhusola yang cukup besar yang muat hingga 20 orang. Musholanya terbuat dari kayu meyerupai rumah panggung.

Toilet

Selain mushola disini juga terdapat toilet atau WC umum untuk para pengunjung. Lokasinya berdekatan dengan mushola

Warung/Kantin

Warung atau kantin juga tersedia disini untuk Anda yang ingin membeli makanan. Warungnya ada dua yaitu di dekat tempat pembayaran tiket dan dijalur trecking dekat mushola

Saung Gazebo

Jika Anda datang pada musim hujan dan kebetulan kehujanan ditengah jalur trecking jangan khawatir karena di sini juga ada beberpa saung gazebo untuk berteduh dan berisitirahat.

Tiket Masuk

Letak yang strategis tidak jauh dari pusat kota sangat memungkinkan Anda untuk mengunjungi Karacak Valley jika Anda liburan di Kota Garut. Oleh karena alasan ini, destinasi wisata yang satu ini banyak dikunjungi wisatawan. Maka tak heran jika pada saat pertama kali tempat ini dibuka menjadi tempat wisata pengunjungnya dapat mencapai hingga 1000 pengunjung.

Tiket masuk ke Karacak VAlley cukup murah, Pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 10.000/Orang dewasa dan Rp. 5.000/Orang anak. Pengelola Karacak Valley juga menyediakan penyewaan tenda. Satu tenda disewakan seharga Rp 50 ribu per malam.

Parkir Kendaraan:

  • Motor: Rp. 3.000/Motor
  • Mobil: Rp. 5.000/Mobil

Disclaimer:

Hargas sewaktu-waktu dapat berubah tanpa danya pemberitahuan terlebih dulu.

Lokasi

Lokasi Karacak Valley sangat strategis yaitu berada di Margawati tidak jauh dari Alun-Alun pusat Kota Garut. Karacak Valley masih satu kawasan Gunung Karacak

Alamat: Jalan Karacak Valley, Margawati, Garut Kota, Sukanegla, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44113

Waktu Terbaik

Waktu terbaik untuk berwisata ke Karacak Valley adalah pada musim kemarau. Pada musim ini lagit cerah sehingga anda dapat menyaksikan sunset yang indah pada sore hari. Sedangkan pada musim hujan selain sunset jarang kita lihat jalur trecking basah dan becek sehingga akan membuat anda tidak nyaman.

Tips

Cuaca dan suhu di Karacak Valley cukup dingin. Jadi jangan lupa membawa jaket tebal terutama untuk Anak anda yang masih kecil. Selain itu sebaiknya Anda membawa perbekalan makan dari rumah untuk menghemat. Aksen jalan menuju curug juga tidak mudah dilalui. Sebaiknya Anda menggunakan motor dan mobil kecil. Kebdaraan besar seperti bus tidak akan bisa lewat karena jalan desa menuju lokasi cukup kecil.

Cara Menuju Karacak Valley

Sebagai patokan saya akan memnadu anda dari Terminal Guntur atau dari Alaun-alun Tarogong. Tujuna utama Anda adalah sampai di perempatan Sukdana. Baik dari Arah jalan Ciledug atau jalan Pasundan Anda mabil jalan yang menuju jalan Sukdanan. Tidak jauh dari prapatan ada sebuah gapura disebelah kananjalan. Belok ke jalan tersebut dan ikuti hingga Anda menemukan persimpangan jalan kedua kemudian pilih jalan kiri ada sebuah tanjakan dengan belokan curam. Terus laju kendaraan Anda hingga jalan Anda menemukan jalan buntu diepan pintu masuk sebuah peternakan. Ambil jalan ke kiri. Sebuah jalan yang belum di aspal terus ikut jalan tersebut maka And akan sampai di Karacak Valley. Hati-hati jalannya cukup jelek berupat jalan tanah merah dan batuan besar yang belum di aspal.

Dengan semua keindahan alam yang adi di Karacak Valley serta beberpa fasilitas penunjang yang nyaman tentu membuat tempat wisata yang satu ini cukup menarik untuk di kunjungi. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Karacak Valley ini? Inilah saatnya Anda berlibur. Demikianlah ulasan saya tentang Karacak Valley, sebuah destinasi wisata alam di Yang bisa Anda kunjungi jika Liburan ke Garut. Semoga bermanfaat, Jangan lupa sahare penglaman Anda jika pernah mengunjungi Karacak Valley pada kolom komentar ya. Salam Traveller!

Bantuan & Informasi Booking Penginapan, Hotel dan Paket Wisata Garut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here