Petilasan Makam Godog

0
4718

Garut memang terkenal akan tempat wisata garut dan makanan khasnya, didalamnya terdapat berjuta keindahan yang tersembunyi dibalik setiap sudut kota. Dikota kecil ini selain memiliki tempat wisata untuk berekreasi, terdapat juga tempat wisata yang bisa kita pelajari, salah satunya ialah Makam Godog.

Sekilas

Makam Godog adalah sebuah makam wisata ziarah yang terdapat dikota garut, tepatnya di Ds. Lebak Agung, Kec, Karangpawitan, Garut, Jawa Barat. Konon katanya makam ini adalah makam Prabu Kian Santang yang merupakan anak dari Prabu Siliwangi yang memerintah kerajaan Pandjajaran pada masa itu. Informasi mengenai makam ini terdapat didalam beberapa naskah sunda lama. Didalamnya diceritakan bahwa Prabu Siliwangi Memiliki dua anak salah satunya ialah Prabu Kian Santang yang terkenal akan kesaktian yang dimilikinya. Beliau merubah namanya menjadi Sunan Rahmat setelah memeluk agama Islam dan berkeliling untuk menyebarkan agama Islam di setiap daerah. Prabu Kian Santang yang berjasa pada masa itu dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa hingga akhirnya beliau disejajarkan dengan para wali olah masyarakat pulau jawa. Terakhir beliau menetap di daerah Godog, Garut, Jawa Barat hingga beliau wafat.

MakamGodog

Saat ini Makam ini selalu didatangi oleh banyak penziarah dan menjadi Obyek Wisata Makam Godog yang dikeramatkan. Adapun benda pusaka yang terdapat disini seperti golok, keris, dan benda pusakan penginggalan masa lalu yang dirawat dengan baik. Setiap setahun sekali tepatnya setiap tanggal 12 Mulud benda tersebut selalu disucikan dengan air yang sudah ditaburi kembang tujuh rupa, dan selalu digosok dengan minyak wangi agar tidak berkarat dan pensucian tersebut dikenal dengan upacara /Ngalungsur atau panjang jimat yang sekaligus menjadi atraksi wisata ritual. Didalam makam Godod memiliki tujuh makam diantaranya Makam Kian Santang Yang menjadi Makam Utama, Makam Sembah Dalem Sarepeun Agung, Makam Sembah Dalem Sarepeun Suci, Sembah Dalem Kholipah Agung, dan Santuwaan Marjaya Suci yang semua makam tersebut terdapat didalam ruang tertutup yang berbeda dengan Makam Utama. Dibagian luar terdapat dua makam yaitu makam Syek Dora dan makam Sembah Pager Jaya yang berada pada ruang terbuka dengan letak yang terpisah. Kedua makam tersebut adalah makam Sesepuh juru kunci kawasan Makam Keramat Godog.

Makam-Keramat-Godog3

Lokasi

Alamat: Godog, Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44182
Provinsi: Jawa Barat.

Untuk menuju makam ini Anda dari arah Alun Alun Tarogong menuju Bundran Suci dan mengambil jalan Karangpawitan sampai ke Ciparay. Dari Ciparay ini Ada Gapura sebelah kanan sebuah jalan desa. Ikutilah jalan tersebut sambil sesekali menanyakan ke warga setempat.

Itulah sedikit informasi tentang Makam Godog sebuah makam keramat di Garut Jawa Barat.

Di garut juga terdapat hotelpenginapan, dan villa bagi anda yang ingin menginap selama liburan anda. Untuk menuju Obyek Wisata ini sangatlah mudah, yaitu sekitar 11 Km atau 40 menit dari pusat kota. Selain Makam Keramat Godog, didaerah karangpawitan Garut Timur, seperti Talaga BodasCurug Cihanyawar, dan masih banyak lagi Wisata Garut Lainnya. Demikian info wisata yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat bagi anda semua terima kasih.

Bantuan & Informasi Booking Penginapan, Hotel dan Paket Wisata Garut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here